Salzburg, The City Of Music History

26 December 2017
Destinasi, Wisata Muslim

Nama kota ini mungkin masih terlalu asing ditelinga sebagian orang. Tapi dari kota inilah lahirnya sejarah dunia musik dari  negeri Austria. Yups, Salzburg adalah kota keempat terbesar di Austria. Kota yang mempunyai background pegunungan Alpen ini melahirkan komponis musik klasik terkenal seperti Johan Strauss, Franz Peter Schubert dan tentu saja Wolfgang Amadeus Mozart.

Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (Wolfgang Amadeus Mozart) lahir di Salzburg pada tanggal 27 Januari 1756. Wolfgang Mozart adalah seorang komponis paling berpengaruh di Eropa pada era musik klasik.

Ia sudah menguasai alat musik seperti violin Traveeeeeaasdasddan piano sejak umur lima tahun. Awal dari minatnya terhadap musik adalah ketika melihat kakak perempuannya yang sering memainkan piano. Dan pada umur tujuh belasan Mozart menjadi seniman untuk istana Salzburg.

Sekitar tahun 1769 Mozart berhasil menggelar dua pentas opera di Italia yaitu Mitridate dan Lucio Silla. Dan antara 1747-1777 Mozart berhasil menulis konserto violinnya.

Pada 5 Desember 1791 Wolfgang Mozart meninggal. Beliau meninggal pada usia 35 tahun karena sakit yang dideritanya.

Untuk mengenang sang komposer, dibuatlah museum Mozart. Ada dua museum Mozart di kota ini. Mozart Wohnhaus atau tempat kediaman Mozart (Mozart Residence) yang letaknya dekat dengan Mirabell Garden dan rumah kelahirannya (Mozart Birthplace). Tiket masuk museum ini Euro 10 atau gratis bila menggunakan Salzburg Card.

    Lokasi Syuting Sounds Of Music

doe, a deer, a female deer (Re!) ray, a drop of golden sun (Mi!) me, a name I call myself (Fa!) far, a long, long way to run (So!) sew, a needle pulling thread (La!) la, a note to follow so (Ti!) tea, a drink with jam and bread

Penggalan lirik dari film musikal tahun 1965 arahan Robert Wise ini diangkat dari buku The Von Trapp Family Singers yang ditulis oleh Maria von Trapp dan berisi tentang hidupnya. Menceritakan  tentang seorang calon pembantu yang oleh biaranya dikirim ke rumah Kapten Georg Ritter Von Trapp untuk mengasuh ketujuh anaknya dimana awalnya anak-anak tersebut kurang menyukai Maria, namun setelah dikenalkan alunan musik, ketujuh anak Kapten tersebut mulai menyukainya.

 

Di film ini bukan hanya mengekspos keindahan istana Salzburg latar syuting film yang sangat fenomenal ini, tapi juga tarian Ländler, tarian tradisional Austria yang diperagakan oleh Maria dan Kapten Von Trapp.

Kesuksesan film ini sampai dibuat sebuah konsep tour movie The Sound of Music Tour of Salzburg oleh beberapa tour travel lokal. Mulai mengunjungi Mirabella Gardens, Residenz Square dan Residenz Fountain, dan Leopoldskron Castle, Hans Donnenberg Park.

Tertarik untuk mengunjungi The City Of Music ini ? Ayo ikutan trip bareng Adinda Azzahra di 11D Wisata Muslim Eropa Timur.