Raja Mohammed V : Terima Kasih Bung Karno

22 January 2018
Destinasi

Pada 2 Mei 1960 merupakan hari bersejarah untuk negeri yang berjuluk Matahari Terbenam ini. Kehadiran Presiden pertama RI itu mendapat sambutan yang luar biasa dari Raja Mohammed V, saat itu Soekarno berkunjung ke Maroko, sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Maroko dari jajahan Perancis.

Kehadiran Presiden pertama RI itu mendapat sambutan yang luar biasa dari Raja Mohammed V, saat itu Soekarno berkunjung ke Maroko, sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Maroko dari jajahan Perancis

Presiden Soekarno dianggap tokoh yang berperan dalam kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika, Indonesia merupakan Negara pertama yang mengakui kedaulatan Negara Maroko. Dukungan itu disampaikan di Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tanggal 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung.

Apresiasi Maroko Untuk Bung KarnoDi dalam sejarah negara Maroko, Presiden Soekarno tercatat sebagai presiden dari negara asing pertama yang melakukan kunjungan diplomatik ke Maroko pasca kemerdekaannya. Raja Maroko menganugerahi Presiden Soekarno dengan Orde du Tronte (bintang mahkota) dengan gelar Pahlawan kemerdekaan dunia Islam. Kemudian di lanjutkan dengan peresmian Rue Soekarno di pusat kota Rabat oleh presiden Soekarno.

Sebagai apresiasi dari raja Mohammad V, nama Presiden Soekarno pun diabadikan sebagai nama jalan besar yang berada di jantung kota itu. Raja Mohammad V tambah terkesan saat Soekarno menolak pemberian hadiah darinya. Soekarno hanya minta siapapun orang Indonesia bisa masuk ke negerinya seperti rumah sendiri. Raja pun menyanggupinya. Hingga sekarang, pemerintah Maroko memberikan On Arrival Visa kepada WNI yang datang ke sana.

Bagi rakyat Maroko ini menjadi bentuk ungkapan terima kasih, sedangkan bagi Bangsa Indonesia menjadi salah satu media yang mampu membangkitkan nilai-nilai nasionalisme Bangsa.

Tertarik mengabadikan momen perjalanan Anda di Jalan bersejarah ini dan mengeksplor Negeri yang kaya akan sejarah Islamnya  ini ? Ikuti trip Wisata Muslim Maroko, Spanyol dan Portugal atau paket Umroh Plus Maroko dan Spanyol dari Adinda Azzahra Tour & Travel.