Menara Hassan Jadi Ikon Kota Seribu Benteng

14 November 2018
News, Wisata Muslim

ADINDA| Rabat–Kota Seribu Benteng dialah Rabat, demikian julukan kota ini. Rabat dengan transliterasi ar-Raba atau ar-Riba secara harfiah berarti “Tempat Berbenteng”.

Maroko memang memiliki banyak benteng peninggalan Romawi di beberapa kota termasuk Rabat. Alhasil, benteng tersebut menjadi ikon penting bagi negara ini, sekaligus menjadi destinasi wisata menarik.

Salah satu ikon menarik di Kota Rabat ini adalah adanya menara Hassan, peninggalan sejarah yang dibangun pada masa Sultan Ya’kub al-Mansur pada 1195.

Rombongan wisatawan Muslim Adinda Azzahra Tour & Travel berkesempatan menikmati wisata di Kota Rabat ini, salah satunya di Menara Hassan yang fenomenal ini. Perjalanan Adinda Azzahra ini dari 10-21 November 2018 ke Maroko-Spanyol-Portugal.

Untuk menuju ke menara ini dari Kasbah Oudaya, wisatawan dapat berjalan kaki sambil menikmati pemandangan Sungai Boureqreq yang mengalir sepanjang perjalanan. Pohon palm yang tumbuh di sekitar menara tersebut menambah kekentalan Timur Tengah di negara ini.

Pada awalnya menara ini dimaksudkan untuk menjadi bagian atau menara masjid terbesar di dunia. Namun, sayangnya ketika proses pembangunan masjid ini berlangsung Sultan Ya’kub meninggal dunia dan pembangunan masjid pun dihentikan.

Di sekitar menara yang mempunyai ketinggian mencapai 44 meter atau 140 kaki tersebut terdapat susunan batu dan tiang yang tertata rapi.

Di depan Menara Hassan juga terdapat makamkan pula Raja Hasan II dan Muhammad V yang dijaga ketat oleh para penjaga kerajaan di setiap pintu dan sudutnya.

Masih banyak lagi tempat yang bisa dikunjungi di Rabat. Ada banyak monumen bersejarah dan arsitektur dan wisatawan juga bisa menikmati berjalan-jalan di sekitar pantai Oudaya yang bersih. Serta rentetan benteng peninggalan sejarah yang mengabadikan sejarah Maroko – dari zaman Dinasti Romawi dan zaman masuknya Islam sejak berabad-abad silam.

Asyiknya jalan-jalan ke Maroko, jadi tunggu apalagi? Ayo segera jadikan Rabat sebagai salah satu destinasi wisata liburan bersama keluarga dan teman-teman di tahun 2019 nanti. Jangan ragu untuk menghubungi Adinda Azzahra Tour & Travel dengan tour leader H. Priyadi Abadi, M.Par siap menemani jalan-jalan Anda. [Fro]