Kapal Pesiar Halal Resmi Tiba di Aceh

gomuslim.co.id – Kapal pesiar halal atau Islamic Cruise berlabuh di Dermaga CT-3 Sabang, Kapal bernama MV Costa Victoria itu membawa 1.980 wisatawan dari berbagai Negara.

Menurut laporan, sebanyak 980 diantara wisatawan kapal pesiar ini melakukan kunjungan wisata ke Masjid Baiturrahman Banda Aceh, Museum Tsunami dan Rumoh Aceh. Dari pelabuhan Balohan para wisatawan akan menuju pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menggunakan tiga kapal cepat KMC Express Bahari, milik PT Sakti Inti Makmur.

Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Adi Taufik mengatakan para wisatawan ini berasal dari Malaysia, Arab, Singapura dan Brunei Darussalam. Kedatangan mereka disambut langsung dengan tarian khas Aceh dari sangar seni air Kota Sabang. Ia mengatakan bahwa kapal pesiar dan wisatawan akan menepi di pinggir pelabuhan hingga pukul 19.00 WIB malam nanti.

β€œSebelum melanjutkan perjalanan ke Bali mereka akan terlebih dahulu mengelilingi Kota Sabang. Mereka akan mengelilingi Kota Sabang untuk menikmati sensasi wisata yang ada di Pulau Sabang,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten 1 Kota Sabang Zakira, mengatakan momen ini harus dimanfaatkan karena pihak kapal sudah berjanji bila pelayanan bagus maka mereka akan singgah di Sabang dalam satu Minggu empat kali.

Setelah melakukan kegiatan kunjungan tour di Banda Aceh, rombongan wisatawan Islamic Cruice akan kembali lagi ke Sabang pada pukul 16.00 WIB menggunakan transportasi yang sama.

“Bila semua wisatawan tiba di Sabang tepat waktu, akan dilanjutkan kembali melihat pameran Expo di lokasi wisata Sabang Fair. Dengan harapan dapat memberi dampak ekonomi kepada masyarakat Sabang,”

Sebelumnya, Wakil Kepala BPKS Irwan Faisal mengatakan, kedatangan wisatawan Islamic Cruise ini merupakan kali pertama dilakukan. Apalagi para penumpang merupakan wisatawan muslim yang berasal dari sejumlah negara.

β€œDari informasi yang didapat dari agen Pelni, tercatat bahwa jumlah penumpang dan kru kapal yang akan tiba 1.988 orang, dari jumlah tersebut, 988 orang di antaranya akan melakukan studi tur ke Banda Aceh,” katanya.

Dengan jumlah sebesar itu, lanjut Irwan, pihak BPKS bersama Pemerintah Kota Sabang dan Pemerintah Provinsi Aceh sudah menyiapkan penyambutan secara matang. Ada tiga hal yang sudah dipersiapkan antara lain, kedatangan di pelabuhan CT3 telah dipersiapkan dengan baik.

Kemudian persiapan mobilisasi dari CT3 menuju pelabuhan Balohan dengan mengunakan 28 bus bantuan dari Kementerian Perhubungan. Secara kebetulan fasilitas bus tersebut disediakan bertepatan dengan menjelang pelaksanaan Sail Sabang 2017 ini.

“Mudah-mudahan pelayanan yang kita berikan kepada para wisatawan Islamic Cruice akan memberi kesan positif kepada mereka, dan kunjungan ini direncanakan akan menjadi agenda kunjungan tahunan,” ungkapnya. (njs/dbs/foto:merdeka)