Istana Nurul Iman Brunei Darussalam Biasa Open House Saat Lebaran, Bisa Bertemu Pangeran Abdul Mateen?

6 May 2020
News, Wisata Muslim
JAKARTA, KOMPAS.com –Istana Nurul Iman di Brunei Darussalam biasa mengadakan open house saat Lebaran.
Istana ini merupakan kediaman resmi Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mui’zzaddin Waddaulah dan keluarganya. Diketahui sultan mempunyai putra bernama Pangeran Abdul Mateen yang belakangan kerap dibicarakan warganet di media sosial.  Pemilik Adinda Azzahra Tour & Travel dan Ketua Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF), Priyadi Abadi, menuturkan bahwa istana tersebut merupakan kediaman resmi keluarga Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mui’zzaddin Waddaulah.
“Wisatawan dapat berkunjung ke Istana Nurul Iman setiap libur Lebaran saat ada kegiatan open house. Hanya dibuka setahun sekali saat Hari Raya Idul Fitri, dibuka untuk umum. Selain Lebaran (istana tutup),” kata Priyadi kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).
Priyadi sudah mengikuti kegiatan open house Istana Nurul Iman selama lebih kurang delapan tahun belakangan.
Kendati merupakan kediaman resmi keluarga sultan, tetapi Priyadi menuturkan bahwa selama dia mendampingi wisatawan Indonesia ke sana dia belum pernah bertemu salah satu anggota keluarga sultan. “Kalau bertemu Prince Abdul Mateen kurang tahu. Sultan juga saya belum pernah bertemu. Mungkin keluarga sultan hanya ada di waktu-waktu tertentu saja,” tutur Priyadi. Priyadi menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa keluarga sultan berdiam di bagian istana yang tidak boleh dimasuki umum. Berkunjung ke area tertentu di istana Walaupun Istana Nurul Iman dibuka untuk umum setiap libur Lebaran, tetapi hanya beberapa area saja yang boleh disambangi.
Beberapa di antaranya adalah ruang untuk menerima tamu negara, beberapa ruang pertemuan, galeri lukisan, dan galeri lukisan. “Selain itu istana ini juga sangat luas. Memang tidak semua ruangan bisa dikunjungi. Ada beberapa area untuk umum, ada juga yang private,” kata Priyadi. Sejauh ini, Priyadi menuturkan bahwa kegiatan yang bisa dilakukan selama mengikuti open house Istana Nurul Iman hanyalah berjalan-jalan menikmati keindahan bangunan, dan juga belanja oleh-oleh.
Berkunjung ke area tertentu di istana
Walaupun begitu, hal tersebut merupakan sesuatu yang tetap dinanti-nanti oleh beberapa wisatawan Indonesia.
Priyadi menuturkan bahwa hal demikian karena berkunjung ke istana tersebut merupakan kesempatan yang tidak bisa dilakukan setiap hari. “Grafik (wisatawan Indonesia yang dibawa Priyadi ke sana) cenderung naik karena ini kesempatan setahun sekali. Bagi yang belum pernah, mereka sangat menunggu momen-momen Lebaran (untuk berkunjung ke Istana Nurul Iman),” tutur Priyadi. Selain itu, Priyadi mengatakan bahwa kegiatan open house istana tersebut merupakan salah satu sorotan pariwisata di Brunei Darussalam. “Biasanya kunjungan open house akan ramai di hari pertama dan kedua pembukaan istana.
Ramainya tapi tidak terlalu antre yang heboh. Istana bisa dikunjungi semua umat agama. Bebas,” kata Priyadi. Untuk jam berkunjung, Priyadi mengatakan bahwa wisatawan bisa ke Istana Nurul Iman saat open house mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB. Priyadi menuturkan bahwa wisatawan bebas untuk berfoto di istana selama open house. Baik menggunakan ponsel maupun kamera lain. Sementara, untuk pakaian yang digunakan harus sopan. “Pakaian bebas tapi sopan.
Disarankan tidak boleh pakai celana pendek atau sendal,” ujar Priyadi. Ketika ditanya mengenai ada atau tidaknya open house pada tahun ini, Priyadi mengatakan belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. “Hal ini saya kurang tahu karena tidak dapat update dari agent. Agent kita di sana juga sedang susah dihubungi. Jadi saya belum bisa kasih jawaban mengenai kondisi di sana (apakah open house tetap dilakukan tahun ini atau tidak),” pungkasnya.