Ini Dia Tempat Wajib Belanja Oleh-Oleh Saat di Turki

26 January 2018
Destinasi

Puas menikmati indahnya Hagia Sophia atau excited melihat pemandangan dari balon udara saat di Cappadocia. Jangan lupa belanja oleh-oleh khas Turki untuk kenang-kenangan. Berikut pasar oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ketika berada di negara perbatasan Eropa dan Asia ini.

Grand Bazaar

belanja oleh-oleh khas Turki

Grand Bazaar merupakan salah satu pasar tertutup yang paling tua dan paling besar di dunia. Pasar ini terletak di daerah Fatih dan Grand Bazaar dibangun pada tahun 1455 oleh Sultan Mehmed II tak lama setelah penaklukan Constantinople.

Tempat ini sudah menjadi favorit para turis yang ingin berbelanja souvenir. Meskipun pasar ini sangat besar, pengunjung yang datang tidak perlu repot untuk mencari toko yang menjual barang yang diinginkan. Karena toko di Grand Bazaar telah dikelompokkan sesuai jenis barang. Tapi ingat, jangan sekali-kali merokok di pasar ini, karena dilarang, bisa-bisa uang untuk beli oleh-oleh malah buat bayar denda merokok.

Spice Market

Spicy Market - Turki

Tempat ini merupakan kompleks perbelanjaan paling terkenal setelah Grand Bazaar. Spice Bazaar atau Misir Carsi (Pasar Mesir) adalah pasar yang terletak di kompleks Yeni Camii (Mesjid Baru) di Eminonu. Pasar ini dinamakan Pasar Mesir karena dulunya pasar ini dibangun dari pajak yang dipungut di Mesir.

Baca Juga : Traveling ke Turki, Kuliner Ini Wajib Anda Coba

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh jenis rempah-rempah, pasar ini adalah rekomendasinya. Banyaknya rempah-rempah, jenis-jenis teh dan juga buah-buahan kering yang ditawarkan di tempat ini. Tapi, selain menjual aneka rempah-rempah, souvenir maupun cemilan khas Turki atau Turkish Delight dijual disini.

Arasta Bazaar

Arasta Bazaar yang bersejarah ini juga menjadi favorit wisatawan, karena suasananya lebih tenang dan barang yang dijual menarik. Beberapa di antaranya adalah keramik Turki, berbagai jenis karpet, cinderamata, pakaian dan perhiasan. Terdapat juga kafe di mana Anda bisa bersantai setelah belanja atau wisata.

Istiklal Street

Untuk mencari barang-barang branded, Istiklal Caddesi tempatnya. Sepanjang jalan ini terdapat toko pakaian, toko sepatu, perhiasan, jam tangan, aksesoris, tas, toko kosmetik, toko elektronik dan komputer, sampai menjual barang antik dan barang khas Turki pas untuk belanja oleh-oleh khas Turki. Nikmati juga kuliner khas Turki di cafe-cafe yang ada disepanjang jalan ini.

Jalan sepanjang 3 kilometer ini menjadi jalanan komersial dan merupakan salah satu area berbelanja plus area nongkrong paling hits di Istanbul. Jalanan ini hanya khusus untuk pejalan kaki, alias mobil atau motor tidak diperbolehkan lewat di Istiklal Caddesi ini kecuali trem.