Grande Mosquee De Paris, Masjid Terbesar di Kota Mode

24 December 2017
Destinasi, Wisata Muslim

Tidak diragukan lagi jika Paris merupakan Kota tercantik di dunia. Bukan hanya keindahan landscape yang juga dijuluki sebagai kota mode saja, ibukota dari negara Perancis ini juga memiliki Masjid Terbesar di Eropa yaitu Grand Mosquee De Paris.

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Raya Paris ini didirikan setelah Perang Dunia I sebagai tanda terima kasih Pemerintah Perancis kepada tirailleurs Muslim yang turut berperang melawan pasukan Jerman. Masjid ini dibangun mengikuti gaya mudéjar.

Dan saat terjadi Perang Dunia II, di mana Paris diduduki oleh tentara Nazi Jerman, masjid ini dijadikan sebagai tempat perlindungan rahasia untuk warga Aljazair dan orang Yahudi Eropa. Mereka pun aman dari penganiayaan tentara Nazi Jerman.

Bahkan dokumen sejarah menunjukkan bahwa Masjid tersebut menyediakan tempat tinggal dan membuatkan akta kelahiran palsu bagi anak-anak Yahudi yang disembunyikan dalam masa perang itu. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Gaston Doumergue pada tanggal 15 Juli 1926. Seorang Sufi Aljazair bernama Ahmad al-Alawi (1869-1934) menjadi imam salat pertama dalam peresmian masjid di hadapan presiden Perancis pada masa itu.

Masjid yang berada di lahan kurang lebih satu hektar ini memiliki Menara dengan tinggi kurang lebih 30 meter dengan kubah utama berbentuk limas pentagon. Tidak seperti kubah masjid biasanya yang berbentuk bulat.

Bagi kaum pria, lokasi salat berada di depan namun lokasi wudunya berada di belakang dekat tempat Salat wanita. Sementara bagi kaum wanita, lokasi salat berada di belakang dan lokasi wudu di depan berdekatan dengan lokasi salat kaum pria.

Lokasi Masjid Raya Paris berada di 2bis Place du Puits de l’Ermite, 75005 Paris, Prancis. Dari luar, arsitektur masjid ini terlihat sangat kental Muslim Spanyol dan dekorasinya berwarna-warni.

Penasaran untuk melihat langsung keindahan dari saksi sejarah muslim di kota paris ini ? Ikuti trip wisata muslim bersama Adinda Azzahra di 13 Hari West Europe.