Di Masjid Ini, Kucing pun “Ikut” Beribadah

27 January 2018
Destinasi

Jika hotel, kafe atau restoran mempunyai konsep keberadaan kucing yang lucu menjadikan daya tarik untuk konsumen. Tapi di masjid ini keberadaan hewan yang banyak disukai bahkan menjadi hewan peliharaan, menjadi keunikan tersendiri dan bahkan dibiarkan menetap didalam maupun diluar masjid. Tepatnya di Masjid Aziz Mahmud Hudayi. Di masjid yang dibangun pada 1594 ini, kucing justru dibiarkan bahkan dipelihara oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) setempat.

Masjid Aziz Mahmut Hudayi  merupakan salah satu masjid bersejarah di Turki. Lokasinya ada di kawasan Uskudar, distrik terbesar dan terpadat di Istanbul. Masjid ini sudah berdiri dari tahun 1594 oleh Ayse Hanim Sultan, keturunan dari Mihrimah Sultan dan Rustem Pasha yang merupakan salah satu pemimpin dari Kesultanan Utsmaniyah di Turki pada tahun 1500-an.

Masjid ini memiliki pesona yang tak biasa. Jamaah masjid melakukan ibadah ditemani kucing. Di masjid tersebut kucing diperbolehkan tinggal dan bermain di dalamnya. Tidak hanya satu, puluhan kucing liar bebas berkeliaran.

Pengurus masjid itu membuka pintu masjid untuk kucing-kucing dari lingkungan sekitar dan dekat sampah saat musim dingin melanda kota, untuk dipelihara dengan terawat. Puluhan kucing pun datang dan pergi ke masjid bersejarah di kota Istanbul itu.

Masjid Aziz Mahmud Hudayi

Kehadiran kucing-kucing di Masjid Aziz Mahmut Hudayi adalah karena sang imam masjidnya, Mustafa Efe. Kabarnya, dia tidak tega melihat kucing-kucing liar di jalanan. Apalagi saat musim dingin tiba. Maka, dibukalah pintu masjid selebar-lebarnya. Sang imam membawa kucing-kucing liar untuk masuk ke dalam masjidnya. Bahkan, dia juga mengurus kucing-kucing demi menjaga kebersihan masjid, walau jumlahnya tidak sedikit.

Baca Juga : Gul Baba Sejarah Masuknya Islam di Hungaria

Di Masjid Aziz Mahmud Hudayi, kucing-kucing ini bukan hanya berdiam maupun bermain di halaman, berjemur di teras atau naik ke beberapa bagian masjid. Namun juga ikut masuk ke dalam masjid, seolah ingin ikut ‘beribadah’ shalat bersama para jamaah.

Masjid Aziz Mahmud Hudayi

Bersama para jamaah lainnya, Mereka bisa bertemu dan bermain dengan kucing-kucing yang lucu, sembari menunggu waktu salat tiba. Tertarik dan penasaran dengan tempat ibadah ini ? Ikuti trip Wisata Muslim Turki bersama Adinda Azzahra, menjelajahi keindahan Turki sambil berwisata sejarah Islami.

 

One thought on “Di Masjid Ini, Kucing pun “Ikut” Beribadah

  1. Aisha ashfannisa
    21 April 2018

    Subhanallah….??

Comments are closed.