Bukan Menyeramkan, Pengunjung Malah Ingin Berfoto Di Pemakaman ini

29 January 2018
Destinasi

Mendengar kata pemakaman atau kuburan biasanya digambarkan sebagai tempat yang menyeramkan. Tapi tidak untuk Merry Cemetery, pemakaman umum yang berada di kota Sapanta, Rumania. Di dalamnya terdapat lebih dari 600 nisan berbentuk salib kayu yang dicat warna-warni dan dihias dengan lukisan yang menggambarkan kisah hidup, rahasia, atau saat-saat terakhir mendiang yang ditempatkan di masing-masing makam.

Merry Cemetery, pemakaman umum yang berada di kota Sapanta, Rumania. Di dalamnya terdapat lebih dari 600 nisan berbentuk salib kayu yang dicat warna-warni

Menurut Atlas Obscura tradisi membuat nisan kayu yang unik ini dimulai oleh Stan Ioan Patras. Pria yang lahir di Sapanta pada tahun 1908 itu bekerja sebagai pembuat nisan untuk pemakaman lokal pada usia 14 tahun. Pada tahun 1935, Patras mulai membuat salib-salib berukiran dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan riwayat mendiang, disertai dengan puisi satir dalam dialek lokal. Bahkan, tak jarang kalimat puisi tersebut terlihat konyol jika kita membacanya, seperti puisi berikut ini :

“Here I rest. Stefan is my name. (Disini saya beristirahat. Nama saya Stefan) As long as I lived, I liked to drink. (Selama saya hidup, Saya suka minum (mabuk)) When my wife left me, I drank because I was sad. (Semenjak istri saya pergi, Saya selalu minum karena saya merasa sedih) Then I drank more to make me happy. (Lalu saya minum lebih banyak agar saya merasa bahagia) So, it wasn’t so bad that my wife left me, (Jadi saya tidak terlalu terpuruk ditinggalkan istri saya) Because I got to drink with my friends. (Karena saya minum bersama teman-teman saya) I drank a lot, and now, I’m still thirsty. (Saya minum banyak, dan sekarang saya masih merasa haus) So you who come to my resting place, Leave a little wine here.” (Jika siapapun yang datang ke tempat peristirahatan saya, tinggalkan sedikit anggur disini) 

Setiap warna yang ada dinisan kayu ini juga mempunyai arti dan makna, seperti hijau melambangkan kehidupan, kuning sebagai kesuburan, merah untuk gairah, dan hitam melambangkan kematian. Warna-warna itu dilukis di atas latar belakang berwarna biru tua yang diyakini mewakili harapan, kebebasan, dan langit. Kadang ia juga menyertakan merpati putih yang mewakili jiwa, burung hitam untuk mewakili kematian tragis atau mencurigakan.

Ion Stan Patras - Merry Cemetery

Menurut Ion Stan Patras, Pesan yang diukir di atasnya mengatakan bahwa dia mulai membuat salib karena dia mencintai orang dan dia tetap ingin orang datang dan mengunjunginya, bahkan setelah dia meninggal. Untuk masuk ke Merry Cemetery, tempat pemakaman paling berwarna di dunia ini, pengunjung harus membayar satu dolar.