Negara Eropa yang Terdampak Virus Corona

12 March 2020
News
Eropa merupakan destinasi wisata favorit, terkenal dengan kemegahan dari tempat wisatanya, namun dengan adanya virus Corona (Covid-19) ada beberapa negara eksotis yang tidak bisa kita kunjungi saat ini.

Berikut 11 destinasi wisata Eropa yang terdampak virus Corona

1. Italia

Dilansir dari Guardian (25/2/2020), 11 kematian di Italia sejauh ini telah terjadi pada orang tua yang menderita kondisi kesehatan yang mendasarinya. Sedangkan yang termuda berumur 62 tahun. Kasus-kasus baru terdeteksi di Tuscany, Liguria, Sisilia, dan Lombardy. Warga Inggris yang berada di wilayah Lombardy dan Veneto, harus mengisolasi diri sendiri di rumah selama 14 hari bahkan jika mereka tidak memiliki gejala. Hingga Rabu (26/2/2020), terdapat 323 kasus di Italia, seperti dilaporkan SCMP.

2. Jerman

Dilansir dari SCMP, hingga Rabu (26/2/2020), terdapat 18 kasus positif corona di Jerman. Hingga kini belum ada kematian di negeri Panzer itu. Kasus pertama, diberitakan Guardian (28/1/2020), terjadi pada seorang pria yang tertular dari koleganya. Koleganya adalah seorang perempuan China yang pernah menemuinya. Para ahli mengatakan itu menjadi perhatian khusus, karena pada awalnya wanita tersebut tampaknya tidak memiliki gejala. Ada peringatan dari China bahwa orang mungkin menularkan virus sebelum muncul gejala penyakit.

3. Perancis

Dilansir dari SCMP, hingga Rabu (26/2/2020), terjadi 14 kasus dan 1 kematian di Perancis. Perancis adalah negara pertama di Eropa yang mengonfirmasi kasus virus corona. Pasien yang meninggal adalah seorang turis dari Hubei, China. Dilansir France24 (15/2/2020), pria tersebut menderita infeksi paru-paru akut yang disebabkan oleh virus corona.Dia tiba di Perancis pada 16 Januari dan dirawat di rumah sakit pada 25 Januari. Meskipun telah diisolasi dengan ketat, tapi kondisinya memburuk dengan cepat.

4. Inggris

Dikutip Aljazeera (31/1/2020), dua kasus virus corona dikonfirmasi sekaligus oleh otoritas kesehatan Inggris. Hal itu dilaporkan kepala petugas medis Chris Whitty pada Jumat (31/1/2020). Kedua orang tersebut merupakan satu keluarga. Hingga Rabu (26/2/2020), terdapat 13 kasus di Inggris yang dilaporkan SCMP

5. Spanyol

Dilansir Aljazeera (26/2/2020), kasus pertama virus corona di Spanyol adalah seorang wanita (36) yang tinggal di Barcelona, Spanyol. Dia sakit setelah melakukan perjalanan 10 hari ke Italia. Wanita tersebut kemudian ditempatkan di ruang isolasi di sebuah rumah sakit di ibu kota Catalan. Selain itu, 1.000 orang yang menginap di hotel di Kepulauan Canary Spanyol dikarantina setelah dua orang positif virus corona. Mereka adalah seorang dokter asal Italia dan istrinya. Dokter itu berasal dari Lombardy, salah satu daerah di Italia dengan kondisi terburuk corona. Hingga Rabu (26/2/2020) siang, Spanyol telah mengonfirmasi 5 kasus.

6. Austria

Dikutip Guardian, Austria melaporkan dua kasus positif virus corona pada Selasa (25/2/2020). Austria berbatasan dengan Italia, negara dengan kasus terbanyak corona di Eropa. Dikutip Jakarta Post (25/2/2020), kedua orang tersebut berusia 24 tahun. Mereka kini telah dikarantina di sebuah rumah sakit di Innsbruck, ibu kota provinsi Tyrol. Keduanya menderita demam tetapi dalam kondisi stabil. Dilansir dari Straits Times, mereka kembali dari kota asalnya di Bergamo, Lombardy, Italia Utara. Itu merupakan salah satu daerah yang paling parah terkena wabah.

7. Kroasia

Pada hari Selasa (25/2/2020), Kroasia mengumumkan kasus pertama coronanya. Angka tersebut bertahan hingga saat ini (26/2/2020). Dilansir Reuters, dia adalah seorang pasien yang dirawat di rumah sakit di ibukota Zagreb.

8. Finlandia

Dilansir Reuters (29/1/2020), Finlandia mengonfirmasi kasus pertama coronavirus pada Rabu (29/1/2020). Kasus pertama di Finlandia terjadi pada seorang turis China, dari Wuhan. Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia menjelaskan turis itu dalam isolasi di rumah sakit pusat Lapland, Finlandia Utara. Hingga Rabu (26/2/2020), angka tersebut tidak berubah. Selain itu juga belum ditemukan kematian.

9. Romania

Kasus pertama virus corona di Rumania dilaporkan Selasa (25/2/2020). Seorang pria kembali dari Italia 3 minggu lalu teridentifikasi virus corona, seperti diberitakan Reuters (26/2/2020). Orang itu telah dikarantina di rumah sakit penyakit menular di Bucharest, Matei Bals. Namun pejabat rumah sakit enggan memberikan komentar.

10. Swedia

Dilansir The Local (31/1/2020), Badan Kesehatan Masyarakat Swedia (Folkhälsomyndigheten) mengonfirmasi kasus pertama pada 31 Januari. Dia adalah seorang pasien di Rumah Sakit Daerah Ryhov di Jönköping. Wanita berusia 20-an tahun tersebut mempunyai riwayat perjalanan ke Wuhan, China. Dia mendarat di Swedia pada 24 Januari. Agensi mengatakan pada saat itu dia tidak memiliki gejala. Tetapi beberapa hari kemudian dia menderita batuk dan menghubungi layanan kesehatan di Jönköping.

11. Swiss

Bersama dengan Austria dan Kroasia, Swiss melaporkan kasus pertama coronavirus pada hari Selasa (25/2/2020). Dia adalah seorang pria berusia 70 tahun dari Ticino. Pria itu didiagnosis sekitar seminggu setelah ia kembali dari perjalanan ke Italia Utara. Dilansir CNN (25/2/2020), selain itu ada 70 orang lainnya yang sedang diuji terkait infeksi tersebut. Kantor Federal Kesehatan Masyarakat mengatakan sebagian besar kasus yang dicurigai berada di Basel dan Bern. Sekitar setengah lusin berada di wilayah Ticino yang berbatasan dengan Italia. Pemerintah pada hari Senin meningkatkan kampanye informasi di perbatasan dan di bandara serta tes pada mereka yang memiliki gejala seperti flu.

Sumber : Kompas

Namun Masih ada negara eropa yang aman untuk dikunjungi untuk berwisata yaitu :

Silahkan Kunjungi Halaman Produk Kami

1. Wisata Muslim Maroko Spanyol Portugal Casablanca-Marrakesh-Mohamedia-Rabat-Tanger-seville-tarifa-Lisbon-Sintra-Cordoba-Granada-Alhambra-Madrid-Zaragoza-Barcelona

2. Wisata Muslim Uzbekistan-Russia Tashkent-Samarkand-St. Petersburg-Moscow

3. Wisata Muslim United Kingdom (UK) Manchester-Liverpool-Birmingham-Bicester Village-London

4. Wisata Muslim Yunani – Turki Athens-Santorini-Istanbul

5. Wisata Muslim Vietnam-Cambodia Hanoi-Halong Bay-Siem Reap-Angkor Wat

6. Wisata Muslim Thailand Phuket-Bangkok-Pattaya

7. Wisata Muslim India Kashmir New Delhi – Srinagar – Gulmarg – Agra (Taj Mahal)

8. Wisata Muslim Dubai – Turki Dubai – Istanbul – Bursa – Cappadocia – Ankara

9. Wisata Muslim Uzbekistan – Turki Tashkent – Samarkand – Istanbul – Bursa

10. Wisata Muslim Palestine – Israel Bonus: HongKong Walking Tour Tel Aviv – Jaffa – Tiberias – Jericho – Bethlehem – Hebron – Dead Sea – Jerusalem