Asyiknya Mengenal Masjid Tua di Turki melalui Wisata Muslim

Bursa adalah salah satu kota tua di Turki, sekaligus kota terbesar keempat setelah Istanbul, Ankara dan Izmir. Bursa, adalah kota tempat Turki Usmani atau kekhalifahan Usmaniyah berawal. Lokasi Bursa yang tak jauh dari Konstantinopel atau Istanbul telah menjadi pilihan menarik sebagai destinasi wisata Muslim.

PT. Adinda Azzahra Tour & Travel yang mengagendakan 10 hari berwisata di Turki ini mengunjungi masjid tua di Bursa, Masjid Ulu Camii. Di masjid ini, wisatawan Muslim bisa mengenal khazanah Islam masa kejayaan Islam tempo dulu.

Menurut Direktur Utama, H. Priyadi Abadi, M.Par yang sekaligus sebagai tour leader perjalanan Turki ini, Masjid Ulu Cami menjadi target kunjungannya ke Turki, karena masjid ini memiliki sejarah panjang tentang Islam di Turki.

Kunjungan ke Masjid Ulu Cami ini hanya ditempuh 10 menit dari hotel tempat rombongan menginap. “Kami tiba waktu Dhuha dan sekaligus shalat Dhuha dan menggelar kajian singkat tentang sejarah Islam kaitannya dengan sejarah Masjid Ulu Cami,” tuturnya langsung dari Bursa, (04/07/2018).

tour liburan wisata ke turki
Masjid Ulu Camii, Turki

Priyadi menjelaskan, inilah kelebihan dari wisata Muslim di banding wisata umum. Dalam perjalanannya kita bisa menambah wawasan keislaman di destinasi yang menjadi tujuan. “Wisata Muslim bukan hanya sekadar tour tapi menambah wawasan keislaman,” papar Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF).

Menurut Priyadi, nilai plus dari wisata Muslim adalah wisatawan mendapatkan destinasi umum yang biasa ditawarkan travel umum plus destinasi Muslim sebagai upaya untuk menambah wawasan wisatawan Muslim akan khazanah Islam di mancanegara. [froz]

LEAVE COMMENT